Bimbingan adalah suatu proses ( membutuhkan waktu ) bagaimana kita sebagai guru SD menciptakan lingkungan olahraga yang kondusif/ memberikan semangat berupa bantuan, bantuan tersebut bantuan diberikan kepada individu.
Tujuan dari bimbingan itu se Kuliandiri adalah untuk mencapai perkembangan yang optimal atau perkembangan berdasarkan kemampuan individu masing-masing.
Prinsip-prinsip umum bimbingan
- bimbingan diberikan kepada individu pada saat proses berkembang
- bimbingan diberikan kepada semua siswa
- bimbingan dilaksanakan dengan memperhatikan siswa segi perkembangan siswa
- bimbingan berdasarkan kemampuan individu dalam mengambil pilihan
- bimbingan adalah bagian terpadu dari proses dalam pendidikan
- teknik tes : adalah menggunakan alat pengumpul data yang terstandar baku yang dapat mengukur kemampuan siswa
- shazen mengatakan bahwa tes adalah suatu prosedur yang sistematis untuk mengamati tingkah laku individu dan menggambarkan/ mendeskripsikan tingkah laku tersebut melalui skala penilaian/ sistem kategori
- Tujuan teknik tes adalah menilai kemampuan belajar siswa, memberikan bimbingan kepada siswa, mengecek kemampua belajar, memahami kesulitan-kesulitan belajar, memperbaiki teknik belajar, dan menilai efektifitas belajar
- tes kecerdasan : yaitu untuk mengungkap kemampuan seseorang
- tes bakat : yaitu untuk mengungkap kemampuan khusus
- tes kepribadian : yaitu untuk mengungkap kemampuan bidang sosial
- tes hasil belajar : yaitu untuk mengungkap kemampuan belajar
adalah teknik pengumpul data yang dirancang untuk memahami siswa yang sifatnya kualitatif. teknik ini tidak menggunakan alat yang bersifat mengukur/ tes. tetapi menggunakan alat yang bersifat menghimpun atau mendekskripsikan saja.
Bentuk Non Tes ini bisa dilakukan dengan cara observasi, wawancara, sosiometri, dan studi dokumentasi.
Observasi
adalah cara untuk mengamati suatu pelatihan/ kegiatan yang sifatnya mengamati. alat yang dipakai dalam melakukan observasi adalah panca indra penglihatan.
Bimbingan Belajar
adalah proses bantuan yang diberikan kepada murid untuk mengatasi masalah belajar yang dihadapinya melalui proses perubahan belajar dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa.
Tujuan Bimbingan di SD
- Mengembangkan sikap dan kebiasaan yang baik
- Menumbuhkan sikap disiplin belajar dan berlatih baik mandiri ataupun kelompok
- mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik sosial budaya lingkungan sekolah untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan dan pengembangan pribadi
- keterlambatan akademik yaitu suatu keadaan murid yang diperkirakan memiliki intelegensi tinggi tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara optimal
- ketercepatan belajar yaitu suatu keadaan murid/ siswa yang memiliki akademik lebih tinggi tetapi masih memerlukan tugas-tugas khsusus untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan belajarnya yang tinggi tersebut
- sangat lambat belajar yaitu suatu keadaan murid yang memiliki bakat akademik memadai dan perlu dipertimbangkan apakah perlu pendidikan atau pengajaran khusus
- motivasi belajar yaitu suatu keadaan murid yang kurang semangat belajar gejalanya malas, ngantuk, melamun, tidur
- bersikap dan kebiasaan buruk dalam belajar yaitu suatu keadaan siswa yag pola belajarnya sehari-hari antagonistik, atau antagonis ( menyontek, membenci guru, padahal dia tidak mengerti )
- sering tidak sekolah
0 komentar:
Posting Komentar
terimakasih telah berkomentar dan lihat hasilnya